Subscribe:

Pages

Instal Windows 7 dari USB Drive (tanpa software)

Kalau kita beli notebook atau netbook pasti kita dipusingkan dengan tidak adanya fasilitas DVD RAM. Seandainya windows kita rusak atau perlu diinstal ulang pasti dibuat pusing karena tidak ketersediaannya DVD RAM. Mau beli DVD eksternal keuangan masih seret. Tapi jangan khawatir, disini kita akan membahas step by step instalasi windows 7/ Vista/ XP dari USB Drive atau yang biasa kita panggil Flashdik. Meskipun sudah ada tool atau Software untuk instal windows dari flashdik, gak ada salahnya kita mencoba (saya sudah coba 100% berhasil). Tutorial ini juga bisa berlaku untuk Komputer Desktop ataupun Laptop yang ada fasilitas DVD RAM. Karena ada pepatah "Pengalaman adalah Guru Terbaik".
1. Siapkan satu flashdik berkapasitas 4 gigabyte apabila kita mau instal windows 7/ Vista. Kalau untuk Windows XP pakai saja yang 1 gigabyte.







2. Dan yang paling penting siapkan 1 keping DVD Windows 7/ Vista.























3. Masukkan flashdik ke PC.
4. Akses "run" dari start menu. Ketik "cmd" lalu enter. Jika anda pakai windows 7 jalankan sebagai administrator ketik "cmd" lalu tekan CTRL+SHIFT+ENTER.
5. Setelah masuk di command prompt, ketik "DISKPART". Lihat gbr 1!









6. Lalu ketik "List DISK". Lihat gbr 2!










7. Sekarang anda pilih disk dimana terdapat USB-nya (disk 1, disk 2 atau disk 3). jadi hati-hati dalam memilih. Di dalam gbr. 3 USB-nya terdapat di disk 3.









8. Untuk selanjutnya "CLEAN" dan tekan "ENTER". Lihat gbr 4










9. Ketik "CREATE PARTITION PRIMARY". Lihat gbr. 5










10. Ketik "SELECT PARTITION 1". Lihat gbr. 6









11. Ketik "ACTIVE". Lihat gbr. 7










12. Ketik "FORMAT FS=NTFS". ( Format mungkin akan berlangsung sekitar 10 to 15 menit). Lihat gbr. 8










13. Ketik "ASSIGN". Lihat gbr. 9









14. Ketik "EXIT". Lihat gbr. 10









15. Ini adalah gbr. tampilan penuh command prompt. Lihat gbr. 11























15. Jangan tutup dulu Command Prompt karena kita masih membutuhkannya. Sekarang masukkan Windows7/ Vista DVD ke DVD ROM.
16. Ketik "D: CD BOOT". (Nama drive dimana terdapat DVD Windows 7/Vista.). Lihat gbr. 12









17. Ketik "CD BOOT" lagi. Lihat gbr. 13.









18. Ketik "BOOTSECT.EXE /NT60 G:" (disini saya tulis G: karena setekah diformat di langkah 12 gbr. 8,nama drive akan berubah otomatis, jadi cek dulu sebelum command). G: adalah USB DRIVE. Lihat gbr 14.









19. Ini akan memperlihatkan command penuh. Lihat gbr. 15























20. Selesai. Sekarang close command prompt lalu copy semua file Windows 7/Vista DVD ke USB Drive.
Sekarang atur bios untuk booting melalui USB Drive. Instal windows seperti biasa. Nanti setelah restart pertama masuk bios lagi lalu atur supaya booting dari HDD. Jika tidak diatur biosnya, maka akan otomatis tetap booting dari USB sehingga instal windows akan dimulai dari awal lagi. Usahakan setiap instalasi windows restart, masuk bios dan atur booting dari HDD dan instalasi windows akan berlanjut. Tutorial ini sudah saya coba dan berhasil. Selamat mencoba. (LOCK COMPUTER)

0 komentar:

Posting Komentar